Ketika Laptop / Notebook Mengalami Masalah / Kerusakan (pengalaman yang menyebalkan)

<

Baru-baru ini hal yang paling menyebalkan dalam hidup saya terjadi...!
bagaimana tidak, Laptop saya ngadat, Tombol Klik Kiri Pada Touchpad saya tidak Berfungsi untung saja Laptop ini masih bergaransi, jadi langsung saja saya bawa ke Service Center laptop tersebut yang ada di Mangga Dua Square. Disana di suruh mengisi formulir, lalu saya ceritakan apa saja masalahnya, akhirnya laptop pun harus ditinggal selama 1 minggu, hah..hari-hari yang membosankan selama 1 minggu tidak ada laptop di kosan, padahal saat itu saya juga harus melaksanakan PKL di BPPT Thamrin, ya apa mau dikata PKL tanpa laptop, jadi saya pinjam laptop teman yang kebetulan PKL di tempat yang sama.

Satu Minggu kemudian...

hehe kayak di film aja...
akhirnya hari yang ditunggupun datang, saat saya sedang PKL, saya di telepon oleh Service Center bahwa laptop saya sudah selesai dan bisa di ambil, selesai PKL saya langsung menuju Service Center di Mangga Dua Square. Saat Tiba disana saya mengambil antrian nomor, dan akhirnya nomor sayapun dipanggil, laptop pun diambil, tetapi setelah saya cek kok ada yang ganjil dari laptop saya, ternyata karet pengganjal LCD yang terletak di list casing laptop saya tidak ada, mungkin copot, lalu saya bilang ke resepsionisnya, dan diganti dengan yang baru, tetapi dengan karet yang lebih tipis! kesel sekali rasanya, lalu saya cek kembali ternyata Keyboard Protector sayapun tidak ada, sayapun bilang kembali ke resepsionis tersebut, dan resepsionis itupun masuk ke ruang teknisi, dan sekarang yang keluar adalah teknisi yang ingin berbicara pada saya. Ternyata keyboard protector saya telah rusak!! robek dan tidak bisa dipakai lagi, ketika saya meminta tanggung jawab dari teknisi tersebut eh..dia malah mengelak, alias tidak mau menggantinya, dengan berbagai alasan dia tidak mau bertanggung jawab, memang sih harga keyboard protector itu murah, tapi yang sekarang saya tuntut adalah tanggung jawab dari teknisi tersebut, Tapi biarlah...setelah saya cek kembali keadaan tombol klik kiri di touchpad saya sudah benar, dengan hati kesal sayapun meninggalkan service center tersebut.

Satu Bulanpun berlalu...PKL pun telah selesai dan saya mendapatkan nila A.
UAS-pun tiba. Karena Ada salah satu matakuliah yang sangat memberatkan, yakni Conceptual Broadcast yang diberi tugas membuat film, dan saya berada di posisi editing, di tengah-tengan dateline mengedit film tiba-tiba saya lihat di pojok LCD saya ada titik-titik putih seperti cairan minyak, saya perhatikan ternyata ada banyak, sayapun kembali kecewa dengan brand laptop ini, kemudian saya membawanya kembali ke service center, kali ini saya membawanya ke cabang yang berada di Ratu Plaza - Sudirman. kemudian sayapun mengadukan masalah yang ada pada laptop saya, 1 minggu juga saya harus menunggu. setelah satu minggu saya dihubungi kembali oleh service center tersebut. Sayapun mengecek keadaan laptop saya, wah ternyata LCD saya diganti dengan yang baru, senang sekali rasanya hati ini, sayapun pulang ke rumah. Tetapi setelah saya cek kembali di rumah, ternyata masalah pada LCD saya belum selesai, kini titik-titik merah yang muncul! dengan kesalnya sayapun berteriak di kamar saya. Karena hari itu adalah hari sabtu jadi saya membawanya kembali ke service center tersebut hari senin, karena minggu tutup. sayapun dengan kesalnya mengadukan masalah ini lagi. Tidak kesal bagaimana coba, saya memperlakukan laptop ini dengan baik dan normal, bahkan laptop sayapun jarang dibawa-bawa dan saat inipun saya sangat membutuhkan laptop saya untuk editing film tugas UAS. Kali ini saya mendesak agar tidak 1 minggu saya menunggunya kembali dan saya mendesak agar servicenya yang bagus, jangan asal-asalan, dan setelah 3 hari sayapun di telepon service center tersebut. Akhirnya laptop sayapun kembali dengan sempurna!
Kali ini seperti baru layar LCDnya pun baru. Saya cek kembali dan ternyata benar-benar telah sempurna keadaannya seperti baru.

Dari pengalman saya ini mungkin saya bisa memberikan tips mengenai laptop anda yang menglami masalah:

1. Ketika anda mengalami masalah pada laptop anda dan laptop itupun masih bergaransi, cepat bawa ke service center tersebut, dan klaim garansi laptop anda.
2. Setelah selesai di service, anda cek kembali keberadaan laptop anda apakah benar telah selesai di service dengan baik. Jika Masih ada keganjilan-keganjilan adukan kembali ke resepsionisnya.
3. Periksa aksesori laptop anda seperti baterai, dummy card, Karet penyangga laptop, panel, casing, keyboard protector dan yang lainnya agar tidak ada yang salah, dan jika ada kekurangan jangan ragu untuk meminta pertangguna jawaban dari teknisinya. karena itu hak anda.jangan seperti kasus saya.
4. Perpanjang garansi laptop anda. Beberapa brand menyediakan perpanjangan masa garansi, biasanya 2 sampai 3 tahun. Tanyakan ke service center laptop tersebut.
5. Jika setelah anda pulang ke kerumah dan laptop andapun kembali mengalami masalah, bawa kembali ke service centernya karena masa garansi rata-rata berlaku 14 hari untuk kerusakan yang sama.
6. Jangan takut untuk mempertegas service laptop ada seperti: "mbak / mas tolong servicenya biar bagus, jangan asal-asalan!!!"
7. Untuk laptop yang sudah tidak bergaransi, lakukan service di tempat service brand laptop anda, jangan service di tempat yang sembarangan, disamping akan terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti penukaran komponen hardware anda tanpa sepengetahuan anda hal yang lainnya adalah tidak terjaminnya garansi laptop anda ketika mengalami kerusakan yang sama serta tidak terjaminnya sparepart laptop anda (abal-abal). Berbeda dengan service center yang akan menyediakan sparepart asli pabrikan, bukan abal-abal, jadi anda tidak usah khawatir.

/Helmy untuk Black In News dan Djarum Black/

2 comments:

webpockets.web.id mengatakan...

huhuhuhu acer memang cepet rusak ya

Helmy mengatakan...

iya..parah acer mah kualitasnya..

Posting Komentar