Processor Tray VS Processor BOX

<

NB : karena banyak yg komplain dengan tulisan sy ini, maka kontent saya hapus demi kenyamanan bersama :) 

Semua isi dari blog ini hanya pengalaman pribadi 

78 comments:

Helloweird mengatakan...

Dari kasus diatas, yg tray kenapa lbh cepet jebol, itu bkn karena processor nya, tp karena heatsink & fan (HSF) yg digunakan adalah abal-abal.

Sedangkan teman yg membeli processor in box, itu pake HSF certified by Intel, jd ya jelas aja lebih awet.

Coba kalo yg beli processor tray pake nya HSF yg bagusan dikit, pasti sama2 awet juga koq, kalo processornya mah ya sama aja, wong sama2 satu pabrik.

Hati2, tulisan anda cenderung menyesatkan loh, terutama bagi yg awam.

Helmy mengatakan...

@mas helloweird. Inikan berdasarkan pengalaman saya mas.kalaupun kasusnya beda ya mungkin ada hal lain yg menyebabkan processor itu jebol.jika bc artikel saya diatas itu murni pengalaman saya dan berdasarkan investigasi saya sana sini untuk dapat jawaban yg mendekati kebenaran. untuk heatsink dan fan keduanya sama menggunakan heatsink yang sama mas..Sm2 certified by intel. untuk orang awam yg baca artikel saya,ini hanya untuk menambah wawasan saja. sedia payung sblm hujan.

Heru mengatakan...

Thanks mas..infonya..menurut saya yang awam..artikel ini sangat membantu. thanks...

Anonim mengatakan...

hai bro helmy... nice info
sorry banget nih kl artikel ini gw masukin ke FAP
Gw juga lupa dari mn kemaren gw ambil...sorry nih. imam

Helmy mengatakan...

@imam, sama-sama mas thanks juga udah di masukin ke FAP, cuma ya...cantumin ajah source aslinya...okeh..biar budaya copy paste di bloger indonesia berkurang.

David Usman mengatakan...

wah, kalo sering beredar di Mangga Dua sapa-sapa saya mas kalo bertemu. Saya juga lebih cenderung setuju dengan pendapat Mas Helloweird, sebab kebanyakan orang memang tidak peduli terhadap fan+Heatsink yang diberi bersamaan dengan processor tray. Kasus jebolnya processor tray mungkin lebih sedikit dari yang bisa bertahan lama bila menggunakan fan+heatsink yang ori. Thanks infonya ...

Helmy mengatakan...

@David, sama-sama mas, semoga bermanfaat, ya bisa saja hal itu terjadi karen hal lain yang menyebabkan processor jebol.

Anonim mengatakan...

loh kamungkinan hang bisa banyak
trs HSF rusak juga bnyak jangan mnyimpulakn bahwa prosesor tary itu cenderung jelek

misal teman anda prosesor tray PSU abal-abal(suply listrik ga akan stabil) + HSF abal abal jelas cpat rusak

lalu tmn anda yang box PSU bagus + HSF ori jelas lebih awet
hati hati dgn statement anda

Helmy mengatakan...

@anonim, sepertinya artikel saya yang ini cukup bikin anda2 para pembaca yang notabenenya adalah pedagang komputer (toko komputer) dag dig dung takut konsumen anda mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan processor tray! karena dari kritik yang anda sampaikan melalui komentar sepertinya tidak terima jika saya mengulas tentang buruknya preformance processor tray, sehingga mengkambing hitamkan hardware lain, sungguh miris saya... semakin banyak pedagang2 nakal yang tidak memberi tahu konsumen terhadap produk yang mereka beli, menyembunyikan apa yang dimaksud dengan processor tray, untuk konsumen yang tidak jeli sepertinya makanan empuk para pedagang nakal seperti ini.

semua tergantung kepada para pembeli, disini saya hanya menceritakan kejadian teman saya yang dia alami, dan menurut analisa saya kesalahannya terletak pada processor tray tersebut!! maaf jika para pedagang komputer tidak berkenan dengan artikel ini, gak usah di tanggepin, toh konsumen juga ingin mendapatkan produk terbaik yang di belinya tanpa di tutup-tutupi oleh pedagang!!

dengan hormat saya menolak apa yang anda ucapkan mas "anonim" seprti kaalimat ini: "hati hati dgn statement anda"

sekali lagi ini blog saya dan ini cerita yang saya alami, tidak menyudutkan pihak manapun, saya hanya memberikan penjelasan mengenai pengalaman saya, jika tidak berkenan silahkan close browser anda dan jangan mengunjungi blog ini laig.

thanks!

Anonim mengatakan...

loh saya juga pake prosesor tray ko
dan ga ada masalah dengan prosesor masih baik baik saja sudah saya gunakan 4 tahun lebih
jadi blm tentu buruk kan

coba liat spek komputer tmn ada yang 2 itu banding kan stabilitas nya
PSU trutama kalau psu abal abal suply listrik (mentari,simbada dkk)pun bisa mengakibatkan kerusakan itu yang bnyk terjadi apalgi ditambh dengan di Overclock makin kacau
jadilah ancur mau box ato tray

bnyak org yang mengira kerusakan hardware hanya karena itu barang "murah" pasti murahan dan berkualitas buruk ato hardware rusak hanya berfikir ah bahwa sumber kerusakan dari hardware itu saja

"mengunjungi blog ini laig" ya udah ga masalah saya juga ga rugi ko
maaf kalo pendapat saya kurang berkenan
thanks

Helmy mengatakan...

@anonim, sepertinya orang yang sama dengan komentar sebelumnya, but thanks udah mampir (lain kali isi username jangan cuman anonim, mungkin kita bisa diskusi lebih banyak :) ), klo yang saya alami mungkin ya seperti itu adanya, karena kemungkinan besar semua hardware itu BOX termasuk PSU merk casing simmbada dan langsung bundling dengan PSU, kalau abal2 kan casing merk apa dan PSU juga merk apa, terpisah dari paket pembelian casing, jika memang analisa saudara bukan di processor tray ya mungkin ada benarnya juga, kan kerusakan pada komputer bukan hanya terjadi di satu hardware, bisa juga di hardware lainnya. diskusi ini justru bisa menjadi bahan pelajaran kalau kerusakan bisa saja terjadi di hardware yang lain, tapi menurut analisa saya, saya tetap berfokus pada eror yang disebabkan oleh processor tray dan fan yang abal2, karena perbandingan spesifikasi hardware semua sama yang beda hanya di processornya saja, saya beranggapan bahwa processor BOX lebih powerfull ketimbang tray.

sekali lagi, semua tergantung kepada user yang akan membeli, saya tidak mengarahkan orang yang membaca blog ini untuk memilih processor tray atau box, semua tergantung pada pilihan dan yang pasti kocek anda, karena harga processor tersebut tidak terpaut jauh.

thanks udah mampir ... mas "anonim" :)

ahmad mengatakan...

yang pake tray itu nge hang karena kekurangan pasokan daya dari power supply akibat terlalu banyaknya cooler. coba deh pake PS yang extreme pasti ngga begitu.

Anonim mengatakan...

ANALISA YANG SEMPIT BAGAIKAN KATAK DALAM TEMPURUNG

Anonim mengatakan...

Anonim yang lain mengatakan...

"SELANJUTNYA TERSERAH ANDA" :D

wibi mengatakan...

@all anonim, baca lagi bung.. mao dibilang analisa yang sempit or apa yang pasti ane kecewa dengan processor tray ! ane di boongin sama pedagang komputer encek2 kampret tuh di mangga dua, bilang box taunya tray !!! baru 3 bulan mampus total tuh procc, hati2 belanja barang disana, mending yang box udah teruji kualitasnya!

admin mengatakan...

Box lebih terjamin ;)

Helmy mengatakan...

@admin, ya mas,,, benar

eka757 mengatakan...

@All , harusnya menjadi blog ato tulisan ini,berguna bagi semuanya,artinya baik pembaca, pemakai,dan pejual...ambil jalan tengahnya,dan sikapi pendapat/ato statement dari orang lain sebagai bahan masukan dan pengalaman dari orang lain,,,monggo silahkan sama2 uantuk direnungi kembali


salam

Bugpack mengatakan...

saya rasa harus dilihat per kasus dahulu, tidak masalah baik itu tray atau box. Biasanya Prosesor mati dikarenakan terlalu panas yang disebabkan oleh HSF yang kurang maksimal, yang kedua bisa juga dikarenakan kelistrikan PSU yang kurang stabil.

dodon mengatakan...

@bugpack,intinya mah brooo yg box lbh awet !!!

Fikri mengatakan...

saya jadi sedikit terpanggil buat sedikit koment.
analisa box vs tray beda hanya kurang lebih 100rb
box hsf nya udah dapat yang bagus dan bergaransi
tray hsf nya jelek garansi perlu dipertanyakan dan supaya sama pembeli mesti beli lagi hsf yang bagus biar awet dengan menambah biaya yang menurut sya tdk sebanding dengan selisihnya.
jadi menurut saya kenapa beli proc tray jika harus mengeluarkan uang yang lebih ditambah garansinya yang gak jelas. vissss
itu pendapat saya?

Dede mengatakan...

Sepertinya artikel diatas benar alias betul. Bayangkan saja selain merugikan negara juga merugikan diri sendiri. Dan mungkin juga prosesor yang tray itu adalah prosesor recondisi, karena prosesor rusak blm tentu tidak bisa diperbaiki.... thanks bos ini sanggat berguna bg kami orang awam

Anonim mengatakan...

Saya Yusuf:
memang ada perbedaan antara box n tray...,daya tahan pada tray memang agak sedikit ringkih..,ada baiknya kalo pake tray gunakan power supply yang memiliki daya min 500watt(pure) dan trigger 12v serta 5V yang murni..,sejenis Enlight,Simbada 500W OEM.kalo mau cari after sales(garansi)yang baik mending yang Box selisih harganya cuma 50rb sd 100rb,kalo mau belanja sendiri ke mangga dua usahakan bawa orang yang mengerti soal hardware.saya sudah 12thn jadi teknisi komputer dan selalu menyarankan pembeli sesuai kebutuhan dan budget mereka

Anonim mengatakan...

tq ^^

Helmy mengatakan...

@fikri, dede, anonim, iya saya lebih suka BOX dibanding tray ^_^

Anonim mengatakan...

oh baru tau perbedaaanya ya. ya mending pilih box,
jika dalam waktu dekat rusaka kan masih ada garansi. namanya jg masih buatan manusia

dianz mengatakan...

gtu aja kok repot??.
kata gus dur...
kok bingung masalah procecor......
kalo menurut saya procecor tu hardware computer yg jarang sekali rusak,toh kalo emg anda2 mengalami kerusakan procecor dalm jangka waktu pendek berarti emg nasibnya aja lg apes.ini pengalaman saya pribadi sebelumnya dulu saya memang awam soal pc beda tray ama box aja jg bru tahu sekitar 2 tahunan yg lalu.tapi selama saya memakai computer dengan procecor core 2 duo.saya dulu malah beli second ga tau dulunya pemilik nya beli try or box yg jelas awet n super poll.penah HFS saya mati mpe meleleh gara2 ga saya matiin selama 1 minggu tp procecornya tetep aman ga da gangguan malah Mobo saya yg udah ganti 2x gara2 sering mati lampu dan yg satunya kesamber petir.dan kebanyakan temen saya bilang kalo procecor tu emg jarang sekali rusak kalo ga di pukul pake palu..ini pengalaman saya broo

kholiq mengatakan...

makasi artikelnya, baru tau ni bedanya proc tray dan box. kebetulan sy baru ganti proc 2 minggu yang lalu, sy cari proc yang box ga ada yang punya terpaksa pilih proc tray. memang dos box-nya tanpa segel, tapi ada stiker hologram sm buku panduannya. semoga sy terjauh dr apes krn uda pake proc tray.

syawal tea mengatakan...

saya setuju dng anonim. Intel terkenal kualitasnya--anda mungkin tahu mereka menguji satu tahun lebih lama dari vendor lain ketika mengeluarkan SSD dengan chip dari sandforce. Saya sering baca di forum macam tomshardware PSU ini yang bikin hang, kerusak komponen dll. Jika proc tray dari intel bukan aspal(gak tau gimana bisa aspal) ya gak ada bedanya tentang kualitas. oh ya saya hanya user bukan pedagang gan.

syawal tea mengatakan...

sori gan nambah lagi. ini url buat rujukan

www.tomshardware.com/forum/306100-28-boxed-intel-processor-tray

thanks.

Anonim mengatakan...

Wah jd pada debat bgini!lain pendapat blh tp jgn ampe rame.
Tiap org pny pengalaman beda2!
Contohnya pengalam sy.sy pk pc dgn spek:pentium dual core e2210 tray,ram 1gb,hdd 160 seagate tray,dvd rw samsung,casing+psu merk sami (odong2),saya sudah pakai ini komputer dr thn 2009 dan tidak pernah bermasalah.smuanya shat wal afiat!
Karna ada rezeki thn 2012 bln 2 pc sy upgrade mb sy ganti,ram sy ganti,sy tmbh vga card,dengan prosesor tetap.ampe skarang msh tokcer....

Anonim mengatakan...

gan di tomshardware atas ada orang intel yg bilang: gak beda kecuali dua yaitu kipas and garansi hanya 1 satu, semua spec sama bro. kita urang indonesia memulai pendapat banyak ngira2 bukan berdasar info yg valid yah gan.

Anonim mengatakan...

ane kutip nih resmi dari urang intel biar jelas gan:
The difference between a boxed/retail and a tray/OEM processor for Intel® come down to a couple simple things. First of all the boxed processors will come with a HSF (heatsink/fan) and a 3 year limited warranty. For a tray/OEM processor the warranty drops down to 1 year limited warranty and doesn’t come with a HSF. As a general rule there isn’t any quality difference between a boxed processor and a tray processor; as a matter of fact in most cases they share the same sSpec # (this # shows the processor and which revision that was used in the making of the processor).

Christian Wood
Intel Enthusiast Team

wibi mengatakan...

wah kalo ane setuju sama artikel diatas, mendingan pilih yang aseli dan sepaket dengan fan, daripada beli tray harganya juga gak jauh beda mending beli yang udah sepaket sama fan, goblok aja yang milih tray daripada BOX !! itu pendapat ane ya, yang komen disini kalo bisa jangan anonim, u semua kayak lempar batu sembunyi tangan aja !!

Ryan mengatakan...

gak bakal ada abis nya masalahin kaya ginian

Gini aja kalo gak punya dana pen dapet spec bagus ya beli Tray

DVD tray
hardisk tray ( R )
Processor tray
fan gak ori yg 25 rebu
power suplay yg 86 rebuan 500 watt

kalo punya duit ya beli ORI-an semua.

komputer percetakan gw pake core 2 duo tray tp power suplay ORI alhmadulillah awet 5 tahun,cm kipas pernah ganti sekali

tapi kalo buat pemakaian pribadi di rumah biar yakin gw pake yang ORI semua...

karena pada dasar nya harga gak pernah menipu...



Faktor kerusakan hardware komputer yang paling sering timbul sebener nya gara" arus gak stabil.
maka nya gw pake PSU ORI,sm jan lupa pake UPS ( Stabilizer )


jadi inti nya yang bilang :

BOX bagus = SALAH !

Tray bagus = SALAH !


semua tergantung takdir..... hehehe

waroeng kopi pinggir panTai mengatakan...

Agustus 2009 ngerakit buat sepupu (msh SD) menggunakan Processor Intel E2160 tray, casing+psu simbadda sim cool(dr awal dgn UPS), penggunaan hanya untuk office dan games yahoo. Bln 9 komputer tersebut mati dan setelah dicek procienya mati, akhir digaransikan ke tokonya (2minggu) br bisa diambil. selesai RMA procei tersebut saya jual dan saya ganti dgn Intel E5200Box dan sampai sekarang komputer tersebut lancar2 saja.

Dari kesimpulan di atas Processor Tray ketahanannya tidak bagus dikarenakan kualitas HSF yg kurang baik, sedangkan untuk yang box kualitas HSFnya lebih baik dan terjamin. Untuk masalah perform Processor BOX/Tray sepertinya tidak terlalu berbeda,...
*tidak ada pergantian spek lain, selain Processor.

Box : garansi 3 tahun, original HSF

Tray : garansi 1 tahun, non Ori HSF

Harga = Kualitas
*Box lebih terjamin karena garansinya lebih lama

masalah harga : 5 July 2012
intel E7500 Core 2 Duo (Box) 1.076.000
intel E7500 Core 2 Duo (Tray+Fan)1.053.00
beda tipiskan, untuk jenis ini vote yang "BOX"
selanjutnya keputusan terserah anda ....

Anonim mengatakan...

nice info bro Helmy,
jelas Processor BOX lebih baik dibanding dgn yang tray (baik perfoma maupun ketahanannya)lihat saja dari garansi yang diberikan.

v hindenberg mengatakan...

maaf gan nambahin jadi kesimpulannya adalah kanrena hsf dari proc tray yg kurang baik karena proc tray dalam paket penjualan tidak dilengkapi hsf asli dari intel. Jadi bagi yang sudah terlanjur membali tray jika sekarang punya dana lebih baik mengganti hsf deng yang asli dari intel dan bagi yang akan memebeli proc pilihlah yang bergaransi resmi karena semua yang ada dalam paket pejualan sudah bergaransi resmi


salam...

Davi Krisnawan mengatakan...

over-generalize :ngacir gaje ah

Anonim mengatakan...

@davi, et nyet kalo lu gak suka gak usah komen, ini nfo bagus buat para newbie nyet !!

joko mengatakan...

vote for box.... beda 100 rban tapi dapet hsf layak dan garansi 3 thn itu klo yg buat merasa menghargai uang... kalo yg duit nya berlebih silahkan pilih yg tray ( beli hsf yg bagus sekalian) atau beli hsf abal2 tar setahun lebih dikit rusak procie nya beli procie yg baru.....

Anonim mengatakan...

saya pakai try sampai sekrang sudah 3 thn, ok ok saja, yang menyesatkan itu adalah si Helmy

Anonim mengatakan...

Menurutku sih karna lagi sial aja dapat procie yang jelek, tray gak selalu black market, procie cabutan built up juga di sebut tray dan itu udah di uji kualifikasi dan kualitas oleh produsen komp built up. box juga kalau di kasih hardware pendukung yang jelek mungkin bakal senasib dengan procie tray yang di beli teman anda.

Anonim mengatakan...

oi lu semua pada senga banget sih, kan mas helmy cuma berbagi pengalaman, kalo lu pada gak seneng gak usah komen yang bikin orang sebel, toh mas helmy nya juga santai santai aja naggepin lu yang pada sok pinter ! kualitas terbaik ya kualitas BOX dongooooo! yang pada komen gak suka gua yakin lu itu engkoh2 atau cina cina yang jualan di mangga dua atau harco, biar dagangan lu laku, nipu konsumen make processor TRY terus FAN yang butut gak karuan, di pake 3 bulan langsung rusak !!
gua kesel sama engkoh2 cina mangga2 , ngejual barang tanpa ngasi tau jelas gimana processornya, GUA BUKTI NYATA KOMPUTER GUA RUSAK KARENA BELI YANG TRY SAAT GUA KOMPLAIN KE TOKO SI ENGKOHNYA MALAH GAK MAU NGEGARANSIIN PADAHAL DAH JELAS YANG RUSAK PROCESSORNYA ! SAY NO TO PROCESSOR TRAY !!!

Anonim mengatakan...

bacot

Anonim mengatakan...

sabar2 semua...koreksi diri masing2 aj klo mau koment.. ga ada yg salah di sini coz semua pake sumber "menurut" = pendapat .. nama nya pendapat kan pastiya beda2...hehehe
nah klo masalah mengejek ato menghina org lain apa lagi pake acara bawa2 suku itu yg ga baek...koreksi lagi deh...

Anonim mengatakan...

Mantau dulu juragaann ...
Mas helmy thanks infonya, sangat bermanfaat..
Saya lebih prefer pakai box,karena terjamin fan dan procienya ..
Yg pgn maek tray silahkann.. Tp jangan ngedumel kalo ada masalah sama processornya :)

Anonim mengatakan...

Kalau tray y untung2an lah itu. Dptnya bgs atau ga y untung2an

Anonim mengatakan...

Buang buang duit mas klo cuma untung untungan mah,mending beli box sekalian,udah jelas gransi resmi plus heatsink ori,hrga g jauh beda

Anonim mengatakan...

Review dan pengalaman agan penulis cukup baik,, tapi gini pendpat ane, processor mau tray/box, mau 2nd/ new yang penting psu, hsf, thermal paste OK serta sering dibersihkan/ maintenance yang rajin mungkin bisa sedikit meminimalisir kerusakan yg bisa timbul akibat over heat processor saat full load. Jadi bisa banyak faktor penyebab kerusakan pada CPU tsb. Geto ye...Peace 4 all..

Anonim mengatakan...

secara qualitas & fisik, prosesor BOX & TRAY ga ada bedanya
dua2nya yg bikin sama2 pabrik prosesor (intel & AMD)
*kl ada yg bilang prosesor TRAY itu prosesor bajakan/ Aspal/refurbish, itu sangat konyol bgt & menyesatkan
Prosesor ini pabrikasinya sgt rumit & hanya pabrik2 canggih yg ditunjuk intel/AMD yg bisa bikin. Prosesor itu komponen elektronik, bukan alat elektronik macem radio, HP, LED, PS3, dsb yg dengan gampangnya bisa ditiru atau dibajak.

Yg bikin beda cuman kelengkapan & masa garansinya aja
proc.BOX itu buat dijual secara retail atau eceran (ditujukan buat PC rakitan atau ke user lgsung)
TRAY itu buat dijual ke corporate atau secara grosiran (ditujukan bwt vendor2 PC Branded/BuiltUp)
Semua PC branded/builtUp macem Acer, IBM, Lenovo, Hp, dll itu semua pake proc TRAY. krn mereka biasanya punya spek HSF sendiri2 & dirakit di pabrik2 mereka sendiri2

Pedagang ada yg nakal, ada yg jujur.
Ada yg kasih garansi toko, ada jg yg ga mau tau kl ada masalah
Pembeli ada yg awam ada jg yg pinter.
Ada yg bajetnya ngepres, ada yg bajetnya ga terbatas
Jadinya tinggal kita pikir2 deh tuh, kira2 mau gmn. Pinter2 milih toko & kl perlu minta ditemenin sama yg pinter kl mau blanja

Saran bwt yg masih awam, biar ga kecewa & aman pilih yg BOX
Kl bwt yg dah pengalaman & yg bajetnya ngepres, TRAY ga masalah, tinggal gmn kita pinter2 pilih spek hardware yg laennya aja biar awet & ga cepet ngadat tuh pc rakitan.

Inget!!!!! namanya jg PC rakitan.... spek Hardware bisa macem2 & kasus2 kerusakan bisa disebabkan karena ngga kompatibel dsb. Kl mau ga pusing beli aja PC branded/Built Up

*Note: semua produsen elektronik itu ga menjamin semua barang produksinya terbebas dr yg namanya "defect" atau cacat produksi, walaupun mereka udah test tuh barang sebelum dilempar kepasaran. itulah fungsi garansi.

Hendry GeoRge mengatakan...

izin copas ya admin
boleh ya + sumber .. untuk blog saya http://hendrygeorge.com
makasih

Anonim mengatakan...

Hеу νery inteгеsting blog!


Fеel frеe to vіsit my page - snowmobile rental washington

Unknown mengatakan...

Bende meme estetiği yaptırmak istiyorum. Türkiye'den Dr Əli Mezdeği haqqında bilgisi olan var mı?
meme estetiği

Anonim mengatakan...

Klo gw sih berdoa aja sebelum membeli xixixi
klo menurut gw sih ya untung2an aja namanya juga buatan manusia ga ada yang sempurna bro

Devit Satria Permana mengatakan...

apanya bajakan, klo bajakan mah da ditankep kali , kwkww

processor tray itu ditujukan buat system integrator
secara teori sebenernya gk untuk dijual umum ke end user
system integrator itu contohnya pc built up

bedanya adalah tidak ada box , HSF nya gk original dari manufacturernya
trus garansi nya bukan garansi resmi , alias garansi toko (mungkin setahun )

ya gtu aja bedanya, mending ambil yg box aja, hrga mahalan dikit
HSF nya lebih bagusan , garansi resmi biasanya 3 tahun (amd , intel )
lumayan juga dapet kyk stickernya gtu ( apa ya nama g bener ???)

Anonim mengatakan...

kalo beli tray kemudian beli lagi untuk hsf orinya nya.. kira-kira murahan box gk ya ?

Anonim mengatakan...

I was suggested thіs blog bу my сousin.
I am not sure whether this post is wrіtten by him аs nobody else know such detailed about my problеm.
You aге incгedible! Τhanks!


Takе a look at my web blog ... http://www.recentarticless.info/

Abdillah Fiera mengatakan...

Sebagai orang berpendidikan tinggi dengan latar belakang IT seharusnya anda bisa membuat analisa yang objektif. tulisan anda ini sungguh jauh dari objektifitas dan cenderung menyesatkan dengan analisa yang dangkal. buat tulisan yang cerdas dong jangan dengan nafsu dengkul. saya bukan pedagang tapi saya pengusaha warnet. jadi jangan buruk sangka dikiranya saya pedagang komputer. dan belajarlah menerima kritikan orang. ok hidup blogger sejati yang cerdas dan mencerdaskan!!!!

Achmad Badawi mengatakan...

Saya pakai procie tray Dual core E5200 sejak tahun 2009. Pemakaian setiap hari full day utk phothoshop, office, corel, nge game, nonton movie, musik, dan online. PSU udah ganti krn dulu abal2 membuat HD jebol, sekarng HD 500 GB, psu codegen 460W (bnyak yg bilang abal2 jg, tp selama ini gak masalah), HSF standart intel (rencana mau ganti deepcool mini tower), VGA onboard (rencana mau beli yg discrete, krn VGA Intel udah kewalahan), dan masih baik2 saja. Kalo masalah processor panas, coba cek apakah thermal paste nya udah kering. Krn pengalaman pernah smpek nyundul 70 drajat Celcius pdhl cuma ngetik. Setelah cari2 info dan bongkar2, ternyata masalahnya thermal pastenya. Sekarang sdh sy beri thermal paste merk Deepcool Z5, processor cuma di kisaran 25-30 drajat Celcius. Jd ketahanan komputer bkn bergantung pd tray atw box, tp keseluruhan hardware yg dipakai dan user hrs pintar dalam menanggapi masalah.

Achmad Badawi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ANT'on mengatakan...

Dear all :)
Kebetulan saya memakai procie tray di game center saya, sdh hampir 3,5 tahunan g ada masalah. Pemakaian rata2 /hari tuh kompi bisa smp 16-19 jam, tapi nih.... Hehehehehe semua kompi pke psu 500w pure&hsf thermal****,,, ditmbh lg dgn ups 250ribuan. Semoga bisa dianalisa lagi "statement" nya :) peace

Anonim mengatakan...

Permisi Nubie coba menengahkan masalah nih.. Hehe
sebenernya mau tray sama box sama aja kok.. Beli yg tray tp semua hardware mendukung sampai kelistrikannya mendukung ya jadi awet lah.. Tp beli yg box tp hardware ga kompatibel listrik juga ga mendukung sama aja cepet jebolnya tuh.. Semua yang di sini ga ada yg salah kok.. Semua benar karena itu PENDAPAT anda masing2.. Nah kesalahannya si penulis adalah dia tidak mencantumkan spesifikasi kedua komp tsb.. Trus kritik buat pedagang aja deh klo emang situ niat berdagang ya yang jujur aja lah pintarkanlah pembeli pasti pembeli kan bakal ngerekomen tempat situ dan kadi rame untung anda juga semakin besar.. Klo yg bikin 'bodoh' si pembeli udah toko situ ga di rekomen, sepi, situ masuk neraka lagi.. Hehe..
Udah gitu aja.. Thanks

randi aja mengatakan...

Kok kya rapat paripurna...nyimak

randi aja mengatakan...

Kok kya rapat paripurna...nyimak

Star Pulsa Matic mengatakan...

Rame banget ya. Nice info buat org awam kyk saya.

wiwid bachtiar mengatakan...

iya ni,,rame bgt. makasih infonya...terlepas baik atau buruknya. para pedagang diharap tidak membohongi pembeli...

Anonim mengatakan...

Merujuk kepada statement anda
"kemungkinan besar semua hardware itu BOX termasuk PSU merk casing simmbada dan langsung bundling dengan PSU, kalau abal2 kan casing merk apa dan PSU juga merk apa, terpisah dari paket pembelian casing,"

Ente baru yah masalah PC
Perlu di ketahui, casing yg di bundle dgn PSU tidak pernah menyediakan PSU yg pure daya nya... Apalagi simbokde yg udah terkenal dgn stabilitasnya yg rendah...

Kenapa casing branded tidak pernah mengeluarkan paket casing + PSU?
Karena PSU dari merk casing branded itu mahal, ada yg nyampe 3juta...
Mau gak ente cuma beli casing + PSU 5juta?
Casingnya aja mahal, apalagi sama PSUnya..

Maka statement anda di atas itu terbalik...
"Kalau abal2 kan casing merk apa dan PSU merk apa" itu mlahan semakin baik karena kalo yg paham pc, membeli PSU pure walau casingnya Simbadda itu lebih baik dari pada beli casing corsair tapi PSU simbadda..

Untuk masalah cpu tray atau box, keduanya sama... Jdi jangan ngejelek2in cpu tray.. Anda malahan membuat was2 pemilik yg udah terlanjur membeli cpu tray.
Cpu tray maupun box kalo di kasih psu dan listrik busuk pasti cepat rusak..
Jadi coba di identifikasi dulu akar masalahnya, jangan asal ngejudge suatu merek, kecuali psu simbadda yg memang udah terkenal crap, bahkan 1 review di luar negeri memberi nilai FAILED utk PSU ini

Anonim mengatakan...

Wkwk di atas ane kayaknya tukang jualan komputer alias toko komputer yg doyang ngejual procie tray n bilang ke konsumen itu box. Kliatan banget ngejudge penulis,intinya dr kejadian yg d ceritain si agan itu cm share selanjutnya terserah lu pada mao pilih yg mana, emng bener jg sih kebanyakan toko komputer pd ngeboongin buyer d blg box , taunya boong, jadi toko komputer pasti kebakaran jenggot klo bc nih artikel, keep posting bro, sharenya bermanfaat. Lu mao beli tray atau box si penulis g rugi coy, dia cm share aja, selanjutnya duit lublah yg berkuasa mao beli yg mana wkwkwk

Anonim mengatakan...

kom gue spek nya :

- processor pentium 4 3ghz Bekas (belum pernah ganti)
- ram 2gb ddr2 @1GB Merek beda Bekas (belum pernah ganti)
- vga asus 256 nvi Bekas (belum pernah ganti)
- HSF 50rb Bekas (belum pernah ganti)
- PSU 500w 85rb Baru (baru satu kali ganti yg sebelumnya psu simbadda 350W)
- MB asus p5gc MX-GBL Bekas (baru satu kali ganti yg sebelumnya merek abal-abal jadinya gosong)
- DVD RW LG TRAY Baru (belum pernah ganti)
- DVD R LG Bekas (belum pernah ganti)
- HDD Seagate 500Gb Tray Baru (belum pernah ganti)
- HDD Seagate 250Gb Tray Baru (belum pernah ganti)
- Fan CASE 4 5rb an (belum pernah ganti)
- casing Beli di Tukang Loa ( alias tukang Rongsokan )
semua komponen berfungsi dengan baik sampe sekarang

udah 3thn gw pake buat :

GAME :
- CNC 3
- CNC 4
- AGE of Epire 3
- udah 1 thn buat PES 2013
- Left 4 deat 2
- CS

GRAPIK :
- Autocad 2010
- corel draw X6
- Photo Shop

dan Buat office juga :

tpi gk pernah ada masalah yg serius,
paling cuma ngehank karena panas itu juga jarang - jarang bro
cuma Kalo lupa gw mantane aja ( alias kotor pada HSF dan thermal kering )

tambahan :
DIOPERASIKAN selama -+20 jam / hari, dan saat ngebersiin processor pernah jatuh dalam gelas air minum gw tp gk apa-apa masih normal sampe sekarang,

jadi pada intinya kerusakan pada komputer bisa disebabkan Oleh berbagai hal.
dan pentingnya melakukan perawatan pada kom anda untuk meminimalisir kerusakan yg terjadi.
untuk mendiskusikan kerusakan komputer sangatlah sulit JIKA Setiap individu yg mendiskusikannya tidak memeriksa kom tersebut secara langsung.
menurut gw dan pengalaman gw maupun kawan-kawan Processor adalah perangkat yg paling jarang rusak paling MB doank yg gosong yg penting rajin cek thermal dan kebersihan HSF !

BOX ataupun TRAY dibuat oleh produsen yg sama, jadi tidak ada perbedaan antara perform dan kualitas. perpebedaan hanya pada Harga, kelengkapan dan garansi.
kalo garansi toko gk dilayani itu masalah si pembeli dan penjual ( bisajadi tokonya Gk mau rugi / toko abal-abal )
kalo yg gw tau beberapa toko di JKT kalo yg beli barang second orang IT emang suka gk dapet garansi !

tidak ada produsen yg menjamin bahwa produknya SEMPURNA ( alias pasti ada yg rejek/kegagalan dalam produksi ) maka dari itu seriap produsen memberikan garansi pada setiap produknya.
contohnya yg nyata sepupu gw beli perinter Merek Terkenal( gk perlu di sebut ) baru sampe rumah pada saat dites printernya error ! akhirnya klaim garansi dah !
Itu baru Perinter Apalagi Processor yg teknologinya lebih canggih dan rumit !
namanya juga buatan manusia ! bukan buatan tuhan yg sempurna !

untuk admin tidak ada yg salah dari pendapat anda karena itu berdasar kan pengalaman anda !

INGAT SETIAP INDIVIDU MEMILIKI PENGALAMAN DAN PENDAPAT YG BERBEDA DALAM DUNIA KOMPUTER, JADI WAJAR BEDA PENDAPAT !
KITA KAN TINGGAL DINEGARA DEMOKRASI SETIAP INDIVIDU BERHAK MENGALUARKAN SUARA ( SARAN DAN KERITIK, PRO DAN KONTRA )
JADI GK PERLU SAMPAI SALING MENGEJEK CUMA GARAGARA PROCESSOR DOANK !

MANUSIA MAHLUK SOSIAL SALING MEMBUTUHKAN DAN MELENGKAPI SATU SAMA LAIN !
DI DUNIA IT ADA YG AWAM ADA YG PINTER.

ma'af ya jadi ngelantur komennya !
pis ! :)

dari RIZKI
sori gk punya blog jadi pake Anonymous

Anonim mengatakan...

tambahan buat admin !
nama blognya aja helmyinfo jadi cumangasi info aja gk ada niat menjerumuskan YA GAK BANG ADMIN !!!!!

Anonim mengatakan...

setiap tipe dan merek proci pasti ada yg box dan tray !!!
jadi gk cuma DualCore aja yg banyak tray nya !
smua kembali pada anda sebagai konsumen !
maumurah/maumahal, maulengkap/mauenggak, mauresmi/enggak, semua ter gantung anda, Asal jgn beli merek "SEMOGAAWET" aja .!

hahahahahaha......!

Anonim mengatakan...

kasih pendapat ah. harga tray lebih murah dari box, itu BUKAN KARENA MUTU TRAY LEBIH RENDAH, tapi karena tidak adanya garansi resmi. Kalau garansi toko, dari jaman adam juga gak bisa dipercaya. Toko tu bisa apa? Di sini kan ada unsur hoki dan sial, siapa tau tray tu rusak karena memang apes? atau PSUnya miskin sehingga defisit daya?? atau buanyak indikator yang mempengaruhi usia procie. gak bisa asal tuduh si tray tu gampang rusak. Untuk main aman beli yang box dengan garansi resmi. jangan klaim tray jelek, gak bijak. tray i7 jauh lebih mahal drpd doble dox dualcore. Jadi kalau anda beli tray itu artinya anda tau segala konsekuensinya. Kupikir pihak intelpun tidak akan mau mengakui Tray-tray itu buatan pabrik mereka. Benar top coment, nih posting agak sesat bro sorry ya..penyebab procie meledak itu banyak, gak cuma kualitas procie itu sendiri doank. Amatir gak usah mainan tray, pasti kecewa trus menghujat. Klise. Piss.semarang

Anonim mengatakan...

ak mau kasih pendapat lagi. kasih pendapat ah... aku baca komentar TS admin blog kok ada gini: "kalau PSU abal2 kan casing merk apa, pSU merk apa" pfffffhhhhhhhh....... baru kenal IT 2bulan tapi sudah berani ngeJUDGE tray procie bro? justru malah bundling casing PSU itulah yang biasanya harganya cuma 200ribuan uda sepaket. PSU mahal gak pernah bundling. tulisanmu bukan kebalik, tapi memang elunya yang gak nyandak. Kamu nulis tu gak dosa, efek tulisanmu yang dosa karena menyesatkan amatirs yang lain. FYI, nih rame komen anak2 bukan karena excited sama tulisan situ, tapi karena ketawa kepingkel-pingkel karena gemes. dah ah. close aja close aja

Dwy Setyawan Adi Saputro mengatakan...

saya pake tray :D
game tiap hari oke2 ja ppsspp, psx :D

mobo GA-G41MT-S2
ram v-gen 2gb
procsi e5400

Anonim mengatakan...

Menurut saya sih masalah proc mah tergantung nasib deh.soalnya pengalaman saya sendiri dgn spec cpu saya
Mobo msi b75a-g43 gaming
Proc core i5 3570 box
Hsf coolermaster tx3 evo
Ram 16gb
Psu thelmaltake se 650w
Ternyata proc w itu juga cmn bertahan 4bln n sekarang lg di claim garansi.

shi joey mengatakan...

punya barang dibutuhin.. di rawat donk..
mau tray or box gk di rawat y aus...

klo d rawat semuanya aman terkendali.. :)
salam joey :D

Alvin Bintang Rebrastya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar