Hidroquinon

<


Kosmetika, berasal dari Bahasa Inggris cosmetic yang artinya ''alat kecantikan wanita''. Berdasarkan kadar pigmen melanin di dalam sel kulit, kulit digolongkan menjadi beberapa tipe, antara lain tipe 1 - 3 milik orang-orang Eropa yang jarang terkena sinar Matahari, tipe 3 - 4 seperti yang dimiliki orang-orang Cina. Rata-rata orang Indonesia, yang hidup di sekitar garis khatulistiwa, kulitnya tipe 4 ke atas. Kadar pigmen yang tinggi di kulit kita bukan tanpa manfaat. Pigmen ini berfungsi menyaring radiasi sinar Matahari yang memang melimpah di daerah khatulistiwa. Dengan benteng pigmen itu, kulit kita tidak mudah terbakar saat kena sinar Matahari.



Produk kosmetik pemutih kulit terbagi menjadi tiga kelompok: kosmetik, kosmetisikal, dan kosmetomedik. Disebut kosmetik jika produk itu tidak mempengaruhi fisiologi kulit, seperti sabun. Disebut kosmetisikal jika produk itu mempengaruhi fisiologi kulit tapi masih boleh dibeli secara bebas-terbatas. Tanpa harus memakai resep dokter. Golongan ketiga disebut kosmetomedik. Produk-produk ini mempengaruhi fisiologi kulit dan hanya boleh dibeli dengan resep. Pemutih wajah merupakan campuran bahan kimia yang bertujuan memucatkan noda hitam (cokelat) pada kulit. Dalam jangka waktu lama pemutih tersebut dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentsai pada kulit. Namun, penggunaan yang terus menerus justru dapat menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen.
Hidroquinon (hydroquinone) merupakan salah satu bahan aktif yang telah terbukti efektif sebagai pemutih khusus untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi.

2 comments:

hujantanpapetir mengatakan...

numpang baca" yah....

Helmy mengatakan...

silahkan,,,

Posting Komentar