Serba serbi Bayi yang Baru Lahir

<

Alhamdulilah akhirnya UAS semester 6 telah selesai dan sekarang saatnya untuk liburan...
Sedang asik-asiknya bermain game winning 9 di laptop saya eh...Kring..kring..terdengar handphone saya berdering. ternyata ada sebuah sms dari kakak perempuan saya yang bulan-bulan ini akan melahirkan, ternyata benar beliau telah melahirkan anak pertamanya. "Alhamdulilah telah lahir anak pertama kami, semoga menjadi anak yang solehah, amin". kurang lebih seperti itu isi smsnya, wah....begitu senangnya hati ini, saya memiliki keponakan yang kedua". wah...tidak sabar rasnya untuk pulang kerumah dan meliat si bayi kecil yang lucu.
Setelah sampai dirumah dan melihat bayi kecil yang baru lahir tersebut banyak hal yang ternyata sungguh keajaiban sang pencipta "SUBHANALLAH..." maha suci Allah yang telah menciptakan manusia dari setetes air mani hingga menjadi seorang manusia yang bernyawa.
Saya pernah mendengar ceramah dari Ustad Jeffry yang berisi tentang kelahiran bayi dan dalam ceramahnya yang saya ingat adalah ketika bayi baru lahir ada tanda Allah di telinga sebelah kiri, itu menandakan keagunganNya dan syukurnya sang bayi terhadap Penciptanya, saya pun lalu ingin membuktikannya, Subhanallah...ternyata benar di telinga sebelah kiri bayi tersebut ada lafazh Allah!
Biasanya para ibu yang baru memiliki anak pertama banyak mengalami kesulitan mengurus si bayi dari mulai mengapa si kecil menangis terus sampai banyak keanehan yang lainnya. ini biasa terjadi karena si ibu baru pertama memiliki bayi, disini saya ingin berbagi pengalaman dari kakak saya berdasarkan buklet seri tumbuh kembang anak mengenai seluk beluk sesuatu yang ada pada si kecil, yang di dapat dari rumah bersalin dimana ia melahirkan. semoga bisa menambah wawasan anda.


Menjalin Ikatan
Hubungan antara ibu dan si kecil merupakan bekal masa depan yang sangat penting, dan salah satu menjalin hubungan ini adalah dengan menyusuinya. Pada awalnya mungkin ibu akan mengalami kesulitan, namun yakinlah bahwa hal ini tidak akan berlangsung lama. Ibu dan si kecil akan bersama-sama sehinga akan menemui posisi yang nyaman.
Minggu-minggu pertama, ibu mungkin harus menyusui se kecil setiap 2-3 jam, yang biasanya berlangsung selama 10-20 menit. ibu tidak perlu mengatur menyusui karena yang terbaik adalah menyusui sesuai dengan kebutuhan si kecil, ketika tangisan laparnya terdengar segera susui si kecil.
Menyusui tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tetapi juga memiliki arti yang sangat besar dalam perkembangan anak. Pemberian ASI sedini mungkin segera setela bayi lahir, merupakan stimulasi dini terhadap tumbuh kembang anak.

Beberapa hal yang berbeda ketika si kecil baru lahir:

Kepala
Bentuknya mungkin terlihat agak aneh, ini terjadi karena selama proses persalinan, si kecil melewati jalan lahir yang sempit sehingga tulang tengkorakny saling bergeser dan saling tumpang tindih. Kepala bayi yang baru lahir akan tampak lonjong, apalagi jika persalinan berlangsung lama atau persalinan dilakukan dengan bantuan alat vakum. Namun ibu tidak perlu khawatir, dalam beberapa hari kepalananya akan berbentuk bulat dan normal.

Wajah
Tekanan selama melalui jalan lahir juga bisa menyebabkan kelopak mata si kecil tampaj bergerak. Selain itu ruang rahim yang sempit bisa menekan hidung dan telinganya sehingga hidung si kecil tampak mendatar atau miring dan telinganya agak terlipat. Jangan takut ini hanya sementara, beberapa hari kemudian si kecil akan menjelama menjadi bayi yang mungil dan cantik atau ganteng.

Tali pusat
Ujung tali pusat yang tadinya berwarna hijau kekuning-kuningan akan berubah menjadi kehitaman, dan pada akhirnya akan mengering dan terlepas. Ini biasanya terjadi pada hari ke 5-15.

Kulit
Sesaat setelah lahir, lapisan kulit paling atas akan mengelupas. Kulit pada tangan dan kaki si kecil akan terlihat kering dan mengelups, yang terutama terjadi pada minggu-minggu pertama.

Tanda lahir
Tidakn sedikit bayi yang terlahir dengan tanda lahir, biasanya berupa bercak kemerahan atau kehitaman di leher bagian belakang, paha, bokong atau dibagian tubuh lainnya. Ada yang kemudian menghilang, namun ada juga yang terus menetap sampai dewasa. Coba perhatikan, apakah si kecil memiliki tanda lahir.

Tungkai dan Kaki
Biasanya tungkan dan kaki bayibaru lahir terlihat bengkok atau menekuk, selama tungkai dan kakinya lentur dan mudah digerakkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lama-lama tungkai akan lurus dengan sendirinya sejalan dengan semakin aktifnya gerakan si kecil.

Rambut Halus
kadang bayi baru lahir tubuhnya ditumbuhi rambut-rambut halus yang disebut lanugo, terutama di punggung, bahu, kening dan pelipis.

Payudara dan alat kelamin
Payudara laki-laki maupun peremnpuan yang baru lahir mungkin akan tampak sedikit bengkak. Ini terjadi karena selama berada dalam kandungan, ada hormon ibu yang masuk kedalam tubuh janin.

Vagina
Bayi perempuan yang baru lahir kemaluan bagian luarnya (vulva) mungkin akan tampak bergerak dan dari vaginanya akan keluar sedikit cairan. Pembengkakan ini biasanya akan menghilag dalam beberapa minggu sedangkan cairan keluar dari vagina hanya beberapa hari saja.

Penis
Pada bayi laki-laki mungkin akan sering mengalami ereksi, terutama sebelum buang air kecil.

Ubun-ubun
Coba perhatinkan puncak kepala si kecil, ibu akan melihan dua lekukan lembut yang disebut ubun-ubun atau fontanael. Fontanael adalah tulang tengkorak yang belum menyatu supaya ketika lahir, kepala bayi bisa melewati jalan lahir yang sempit. Fontanael juga memungkinkan otak bayi untuk tumbuh. Jika si kecil menangis atau mengedan, fontanael akan terlihat menonjol. Fontanael dibungkus oleh jaringan berserabut yang tebal, jadi aman bila tersentuh dan akan akan menutup pada usia 12 sampai 8 bulan.

1 comments:

khusnul mengatakan...

mahasempurna ciptaannya...subhanallah...

Posting Komentar