USB Vaccine, Cara Ampuh memproteksi Penyebaran Virus dari Autorun Flashdisk

<

Ada berbagai macam cara virus menularkan dirinya ke dalam sistem komputer, dan berbagai macam media yang dapat digunakan virus sebagai media untuk penyebarannya dari komputer satu ke komputer lainnya, salah satunya adalah USB flashdisk (FD), dengan FD, virus akan membuat file autorun.inf yang berguna untuk mengeksekusi file induk virus tersebut dengan memanfaatkan fasilitas autorun di sistem windows, jadi tanpa eksekusi (mengklik file induk virus) dari user, file virus dapat langsung menginfeksi komputer yang dicolokkan oleh FD yang sudah terinfeksi virus.



Lalu bagaimana cara menanganinya?
1. Scan selalu FD yang di colokkan ke komputer dengan antivirus yang terupdate
2. Matikan fasilitas autorun pada sistem windows.

lalu apakah cukup dengan cara-cara seperti itu?klo saya bilang cara yang pertama dan kedua cukup ampuh menangkal virus, selain itu ada cara yang lain untuk mencegah virus menginfeksi komputer kita. Sebelumnya sudah saya jelaskan diatas bahwa virus akan membuat file autorun.inf di dalam FD kita kemudian dengan mamanfaatkan fasilitas autorun di windows virus akan secara otomatis mengeksekusi file induknya, jadi cara lain untuk mencegah virus masuk secara autorun ke komputer kita bisa dilakukan dengan cara memproteksi FD agar virus tidak dapat membuat file autorun di FD kita.

Hal tersebut bisa dilakukan oleh Panda USB Vaccine, buatan panda security. Walaupun aplikasi in masih beta tetapi kinerjanya cukup handal, dan aplikasi ini free dan tanpa di instal di komputer alias portable. Cara kerjanya adalah mencegah virus membuat file autorun.inf pada FD kita, melainkan software ini yang akan membuat file autorun.inf yang tidak bisa di edit, di hapus ataupun dimodifikasi oleh siapapun, sehingga virus tidak akan bisa menyebar melalui file autorun.inf.

Aplikasi ini menawarkan 2 fungsi yang berbeda, diantaranya:
- Computer Vaccination
Adalah fitur untuk mendisable autorun pada komputer kita, dan cara untuk mengembalikannya seperti semula harus menggunakan aplikasi ini, untuk mendisablenya kita tinggal mengklik button Vaccinate Computer.
- USB Vaccination
Adalah fitur yang akan membuat file autorun.inf di FD kita yang tidak akan bisa diedit, rename, dan dihapus, untuk mengunakannya kita cukup mencolokkan FD kita ke komputer, lalu buka aplikasi ini, kemudian pilih USB drive pada USB drive Vaccination, kemudian klik button Vaccinate USB.

NB : Untuk mengembalikan FD ke keadaan semula hanya bisa dilakukan dengan cara format ulang.

Download Panda USB Vaccine disini.

/Helmy untuk Black In News dan Djarum Black/

0 comments:

Posting Komentar