Ikan Tuna

<

Semua orang pasti suka ikan tuna, ya iyalah selain rasanya yang lezat, gizinya juga banyak lho....Cuma harganya muahhalll...... Tuna merupakan ikan migrasi, perenang yang cepat sehingga memerlukan pasokan energi yang besar dan konstan unuk mempertahankan aktifitasnya, berdarah panas, suhu internal konstan sekitar 28 (derajat) Celcius sepanjang hidupnya, dalam kondisi tertentu stress atau meronta ketika ditangkap, suhu tubuh naik sebentar menjadi 35 (derajat) C ke 40(derajat)C, setelah mati suhu tubuh naik dapat mempercepat kemunduran mutu dan pembusukan.

Sewaktu meronta, misalnya ditangkap, membentuk asam laktat yang menyebabkan kelelahan dan merusak jaringan, misalnya daging dari cemerlang menjadi kusam, tekstur melunak, pahit, karena itu asam laktat harus dihindari.
Kenapa sih daging tuna berwarna merah??
- Karena pasok darah besar (banyak)
- Jaringan serat daging pada ikan dipengaruhi oleh cara ikan berenang dan makan
- Apabila sedang dalam kondisi berbahaya, misalnya dikejar oleh pemangsa, hal ini menyebabkan dagingnya putih
- Saat tuna mengejar mangsanya dalam jarak jauh sebelum dimakan sehingga memerlukan lebih banyak daging merah
Ada dua tipe serat daging, yaitu merah dan putih. Jaringan merah itu berarti pasokan darahnya lebih banyak dan digunakan untuk aktivitas panjang, misalya renang jarak jauh. Jaringan putih memiliki suplai darah yang sedikit dan bekerja keras dalam waktu pendek sebelum akhirnya kelelahan.

/Helmy untuk Black In News dan Djarum Black/


0 comments:

Posting Komentar