Rhodamin B

11 comments

Rhodamin B merupakan pewarna yang dipakai untuk industri cat, tekstil, dan kertas. Zat warna ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) serta Rhodamin dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Rodamin B merupakan zat warn a sintetis berbentuk serbuk kristal, tidak berbau, berwarna merah keunguan, dalam bentuk larutan berwarna merah terang berpendar (berfluorescensi) .

Rodamin B seringkali disalahgunakan untuk pewarna pangan dan kosmetik, misalnya : sirup, lipstick, dll. Paparan Rodamin B dalam waktu yang lama (kronis) dapat menyebabkan gangguan fungsi hati / kanker hati. Rodamin B biasanya terdapat pada lipstik yang berwarna merah mencolok, lipstik yang water proof (tahan air), blush on (pemerah pipi), dll.
Tanda dan Gejala Akut bila terpapar Rhodamin B:
1. Jika tertelan, dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan .dan menimbulkan gejala keracunan dan air seni berwarna merah atau merah muda.
2. Jika terkena kulit, dapat menimbulkan iritasi pada kulit.
3. Jika terkena mata, dapat menimbulkan iritasi pada mata, mata kemerahan, oedema pada kelopak mata.
4. Jika terhirup, dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan.
5. Jika tertelan, dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernakan dan menimbulkan gejala keracunan dan air seni berwarna atau merah muda.
6. Tindakan yang bisa dilakukan bila terpapar Rhodamin B
7. Bila terkena kulit, lepaskan pakaian perhiasan, sepatu penderita yang terkontaminasi/terkena Rhodamin B. Cuci kulit dengan sabun dan air mengalir sampai bersih dari Rhodamin B, selama kurang lebih 15 s/d 20 menit, bila perlu hubungi dokter.
8. Bila terkena mata, bilas dengan air mengalir atau larutan garam fisiologis, mata dikedip-kedipkan sampai dipastikan sisa Rhodamin B sudah tidak ada lagi/bersih, bila perlu hubungi dokter.
9. Bila tertelan dan terjadi muntah, letakkan posisi kepala lebih rendah dari pinggul untuk mencegah terjadinya muntahan masuk ke saluran pernafasan.
10. Bila korban tidak sadar, miringkan kepala ke samping atau ke satu sisi, bila perlu hubungi dokter.

Diambil dari mata Kuliah Kimia lingkungan. Semoga Bisa Menambah Wawasan Anda..
Baca Selengkapnya>>>

Hidroquinon

2 comments


Kosmetika, berasal dari Bahasa Inggris cosmetic yang artinya ''alat kecantikan wanita''. Berdasarkan kadar pigmen melanin di dalam sel kulit, kulit digolongkan menjadi beberapa tipe, antara lain tipe 1 - 3 milik orang-orang Eropa yang jarang terkena sinar Matahari, tipe 3 - 4 seperti yang dimiliki orang-orang Cina. Rata-rata orang Indonesia, yang hidup di sekitar garis khatulistiwa, kulitnya tipe 4 ke atas. Kadar pigmen yang tinggi di kulit kita bukan tanpa manfaat. Pigmen ini berfungsi menyaring radiasi sinar Matahari yang memang melimpah di daerah khatulistiwa. Dengan benteng pigmen itu, kulit kita tidak mudah terbakar saat kena sinar Matahari.



Produk kosmetik pemutih kulit terbagi menjadi tiga kelompok: kosmetik, kosmetisikal, dan kosmetomedik. Disebut kosmetik jika produk itu tidak mempengaruhi fisiologi kulit, seperti sabun. Disebut kosmetisikal jika produk itu mempengaruhi fisiologi kulit tapi masih boleh dibeli secara bebas-terbatas. Tanpa harus memakai resep dokter. Golongan ketiga disebut kosmetomedik. Produk-produk ini mempengaruhi fisiologi kulit dan hanya boleh dibeli dengan resep. Pemutih wajah merupakan campuran bahan kimia yang bertujuan memucatkan noda hitam (cokelat) pada kulit. Dalam jangka waktu lama pemutih tersebut dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentsai pada kulit. Namun, penggunaan yang terus menerus justru dapat menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen.
Hidroquinon (hydroquinone) merupakan salah satu bahan aktif yang telah terbukti efektif sebagai pemutih khusus untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Baca Selengkapnya>>>