Logo Baru UIN Jakarta

<

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau biasa dikenal dengan UIN Jakarta belum lama ini mengganti logo lamanya dengan logo baru. Logo tersebut diiluncurkan pada tanggal 21 Agustus 2008 lalu di Auditorium Utama UIN Jakarta yang dibuka oleh Rektor UIN Jakarta Dr Komaruddin Hidayat.
Logo baru ini dinilai lebih dinamis dan mencerminkan globalisme. Logo baru ini juga memiliki ciri tersendiri sesuai cita-cita UIN Jakarta menjadi Universitas kelas dunia (world class university).
Secara Visual, logo baru UIN Jakarta sangat tipikal dan unik. Ia menjadi brand tersendiri yang mencitrakan UIN Jakarta sebagai Universitas Kelas Dunia.
Secara visual pula, logo baru ini mengandung empat karakter dasar, yakni keislaman, keilmuan, keindonesiaan dan Universalisme. Keempat karakter terebut tercermin pada masing-masing gambar dalam logo UIN Jkarta tersebut.
Gambar logo UIN Jakarta terdiri dari 4 elemen, yakni bola dunia, partikel atom, kitab suci, dan tulisan "UIN".

Berikut ini filosofi dari logo baru UIN Jakarta:
  • Bola dunia berwarna biru, melambangkan wawasan universal UIN Jakarta dan juga misi islam sebagai rahmatan lil'almin.
  • Partikel atom berwarna emas, menggambarkan keilmuan dan dinamika serta keajegan hukum islam (sunnatullah) yang diperintahkan Allah untuk selalu dibaca dan diteliti demi kesejahteraan umat manusia, Partikel ini juga dapat dilihat sebagai bunga lotus atau sidrah, yakni lambang cita-cita setiap mukmin untuk menggapai pengetahuan kebenaran teringgi.
  • Kemudian Kitab Suci berwarna putih dengan garis tepi berwarna kehijauan, melambangkan sumber inspirasi dan kaidah hukum serta moral bagi pengembangan UIN Jakarta.
  • Sementara tulisan UIN berwarna biru melambangkan kedalaman ilmu, kedamaian, dan kepulauan nusantara yang berada diantara dua lautan besar, yakni sebuah wilayah yang mempertemukan berbagai peradaban manusia. Selain itu, terdapat juga garis putih horizontal yang membelah tulisan UIN, garis ini merupakan pengikat UIN Jakarta sebagai Universitas yang kuat.
Download Logo UIN Jakarta Full, klik disini

2 comments:

Anonim mengatakan...

Wah..Logonya gimana gt...Tp diliat lbih flexible c logonya...Tp apapun itu maju trz uin jakartaku tercinta..

Unknown mengatakan...

Terima kasih ya atas infonya, sangat bermanfaat sekali, Penyedia Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life - International Language Center yang Berkualitas, Terjamin dan Terpercaya di Indonesia

Posting Komentar