Global warming

3 comments


This article is about the current period of increasing global temperature. For other periods of warming in Earth's history, see Palaeoclimatology and Geologic temperature record.
Global mean surface temperature anomaly relative to 1961–1990
Mean surface temperature anomalies during the period 1995 to 2004 with respect to the average temperatures from 1940 to 1980
Global warming is the increase in the average measured temperature of the Earth's near-surface air and oceans since the mid-twentieth century, and its projected continuation.
The average global air temperature near the Earth's surface increased 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) during the hundred years ending in 2005.[1] The Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) concludes "most of the observed increase in globally averaged temperatures since the mid-twentieth century is very likely due to the observed increase in anthropogenic (man-made) greenhouse gas concentrations"[1] via an enhanced greenhouse effect. Natural phenomena such as solar variation combined with volcanoes probably had a small warming effect from pre-industrial times to 1950 and a small cooling effect from 1950 onward.[2][3]
These basic conclusions have been endorsed by at least thirty scientific societies and academies of science,[4] including all of the national academies of science of the major industrialized countries.[5][6][7] While individual scientists have voiced disagreement with some findings of the IPCC,[8] the overwhelming majority of scientists working on climate change agree with the IPCC's main conclusions.[9][10]
Climate model projections summarized by the IPCC indicate that average global surface temperature will likely rise a further 1.1 to 6.4 °C (2.0 to 11.5 °F) during the twenty-first century.[1] This range of values results from the use of differing scenarios of future greenhouse gas emissions as well as models with differing climate sensitivity. Although most studies focus on the period up to 2100, warming and sea level rise are expected to continue for more than a thousand years even if greenhouse gas levels are stabilized. The delay in reaching equilibrium is a result of the large heat capacity of the oceans.[1]
Increasing global temperature is expected to cause sea level to rise, an increase in the intensity of extreme weather events, and significant changes to the amount and pattern of precipitation. Other expected effects of global warming include changes in agricultural yields, modifications of trade routes, glacier retreat, species extinctions and increases in the ranges of disease vectors.
Remaining scientific uncertainties include the amount of warming expected in the future, and how warming and related changes will vary from region to region around the globe. Most national governments have signed and ratified the Kyoto Protocol aimed at reducing greenhouse gas emissions, but there is ongoing political and public debate worldwide regarding what, if any, action should be taken to reduce or reverse future warming or to adapt to its expected consequences.

From : wikipedia.com
Baca Selengkapnya>>>

Serba serbi Bayi yang Baru Lahir

1 comments

Alhamdulilah akhirnya UAS semester 6 telah selesai dan sekarang saatnya untuk liburan...
Sedang asik-asiknya bermain game winning 9 di laptop saya eh...Kring..kring..terdengar handphone saya berdering. ternyata ada sebuah sms dari kakak perempuan saya yang bulan-bulan ini akan melahirkan, ternyata benar beliau telah melahirkan anak pertamanya. "Alhamdulilah telah lahir anak pertama kami, semoga menjadi anak yang solehah, amin". kurang lebih seperti itu isi smsnya, wah....begitu senangnya hati ini, saya memiliki keponakan yang kedua". wah...tidak sabar rasnya untuk pulang kerumah dan meliat si bayi kecil yang lucu.
Setelah sampai dirumah dan melihat bayi kecil yang baru lahir tersebut banyak hal yang ternyata sungguh keajaiban sang pencipta "SUBHANALLAH..." maha suci Allah yang telah menciptakan manusia dari setetes air mani hingga menjadi seorang manusia yang bernyawa.
Saya pernah mendengar ceramah dari Ustad Jeffry yang berisi tentang kelahiran bayi dan dalam ceramahnya yang saya ingat adalah ketika bayi baru lahir ada tanda Allah di telinga sebelah kiri, itu menandakan keagunganNya dan syukurnya sang bayi terhadap Penciptanya, saya pun lalu ingin membuktikannya, Subhanallah...ternyata benar di telinga sebelah kiri bayi tersebut ada lafazh Allah!
Biasanya para ibu yang baru memiliki anak pertama banyak mengalami kesulitan mengurus si bayi dari mulai mengapa si kecil menangis terus sampai banyak keanehan yang lainnya. ini biasa terjadi karena si ibu baru pertama memiliki bayi, disini saya ingin berbagi pengalaman dari kakak saya berdasarkan buklet seri tumbuh kembang anak mengenai seluk beluk sesuatu yang ada pada si kecil, yang di dapat dari rumah bersalin dimana ia melahirkan. semoga bisa menambah wawasan anda.


Menjalin Ikatan
Hubungan antara ibu dan si kecil merupakan bekal masa depan yang sangat penting, dan salah satu menjalin hubungan ini adalah dengan menyusuinya. Pada awalnya mungkin ibu akan mengalami kesulitan, namun yakinlah bahwa hal ini tidak akan berlangsung lama. Ibu dan si kecil akan bersama-sama sehinga akan menemui posisi yang nyaman.
Minggu-minggu pertama, ibu mungkin harus menyusui se kecil setiap 2-3 jam, yang biasanya berlangsung selama 10-20 menit. ibu tidak perlu mengatur menyusui karena yang terbaik adalah menyusui sesuai dengan kebutuhan si kecil, ketika tangisan laparnya terdengar segera susui si kecil.
Menyusui tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tetapi juga memiliki arti yang sangat besar dalam perkembangan anak. Pemberian ASI sedini mungkin segera setela bayi lahir, merupakan stimulasi dini terhadap tumbuh kembang anak.

Beberapa hal yang berbeda ketika si kecil baru lahir:

Kepala
Bentuknya mungkin terlihat agak aneh, ini terjadi karena selama proses persalinan, si kecil melewati jalan lahir yang sempit sehingga tulang tengkorakny saling bergeser dan saling tumpang tindih. Kepala bayi yang baru lahir akan tampak lonjong, apalagi jika persalinan berlangsung lama atau persalinan dilakukan dengan bantuan alat vakum. Namun ibu tidak perlu khawatir, dalam beberapa hari kepalananya akan berbentuk bulat dan normal.

Wajah
Tekanan selama melalui jalan lahir juga bisa menyebabkan kelopak mata si kecil tampaj bergerak. Selain itu ruang rahim yang sempit bisa menekan hidung dan telinganya sehingga hidung si kecil tampak mendatar atau miring dan telinganya agak terlipat. Jangan takut ini hanya sementara, beberapa hari kemudian si kecil akan menjelama menjadi bayi yang mungil dan cantik atau ganteng.

Tali pusat
Ujung tali pusat yang tadinya berwarna hijau kekuning-kuningan akan berubah menjadi kehitaman, dan pada akhirnya akan mengering dan terlepas. Ini biasanya terjadi pada hari ke 5-15.

Kulit
Sesaat setelah lahir, lapisan kulit paling atas akan mengelupas. Kulit pada tangan dan kaki si kecil akan terlihat kering dan mengelups, yang terutama terjadi pada minggu-minggu pertama.

Tanda lahir
Tidakn sedikit bayi yang terlahir dengan tanda lahir, biasanya berupa bercak kemerahan atau kehitaman di leher bagian belakang, paha, bokong atau dibagian tubuh lainnya. Ada yang kemudian menghilang, namun ada juga yang terus menetap sampai dewasa. Coba perhatikan, apakah si kecil memiliki tanda lahir.

Tungkai dan Kaki
Biasanya tungkan dan kaki bayibaru lahir terlihat bengkok atau menekuk, selama tungkai dan kakinya lentur dan mudah digerakkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lama-lama tungkai akan lurus dengan sendirinya sejalan dengan semakin aktifnya gerakan si kecil.

Rambut Halus
kadang bayi baru lahir tubuhnya ditumbuhi rambut-rambut halus yang disebut lanugo, terutama di punggung, bahu, kening dan pelipis.

Payudara dan alat kelamin
Payudara laki-laki maupun peremnpuan yang baru lahir mungkin akan tampak sedikit bengkak. Ini terjadi karena selama berada dalam kandungan, ada hormon ibu yang masuk kedalam tubuh janin.

Vagina
Bayi perempuan yang baru lahir kemaluan bagian luarnya (vulva) mungkin akan tampak bergerak dan dari vaginanya akan keluar sedikit cairan. Pembengkakan ini biasanya akan menghilag dalam beberapa minggu sedangkan cairan keluar dari vagina hanya beberapa hari saja.

Penis
Pada bayi laki-laki mungkin akan sering mengalami ereksi, terutama sebelum buang air kecil.

Ubun-ubun
Coba perhatinkan puncak kepala si kecil, ibu akan melihan dua lekukan lembut yang disebut ubun-ubun atau fontanael. Fontanael adalah tulang tengkorak yang belum menyatu supaya ketika lahir, kepala bayi bisa melewati jalan lahir yang sempit. Fontanael juga memungkinkan otak bayi untuk tumbuh. Jika si kecil menangis atau mengedan, fontanael akan terlihat menonjol. Fontanael dibungkus oleh jaringan berserabut yang tebal, jadi aman bila tersentuh dan akan akan menutup pada usia 12 sampai 8 bulan.
Baca Selengkapnya>>>