TIPS MERAWAT LAPTOP DAN BATERAI LAPTOP

<

Kembali ke....laptop....
Begitulah salah satu jargon yang diucapkan oleh salah seorang pelawak terkemuka di negeri ini yang akhir-akhir ini sedang naik daun...
Berbagai macam merekpun tersedia di pasaran teknologi di negeri ini dari mulai yang low-end sampai dengan yang high-end, dari yang buatan lokal sampai yang bukan lokal.
Notebook atau biasa disebut laptop oleh sebagian orang indonesia saat ini memang sedang ngetrend-ngentendnya, entah itu karena pegaruh dari acara televisi, iklan-iklan atau memang sudah menjadi kebutuhan untuk mendukung aktivitas zaman sekarang, nah jawabannya tergantung anda dan kebutuhan anda.


Seiring pesatnya penggunaan laptop, laptoppun semakin digemari tapi ada beberapa hal yang luput dari sang pemilik laptop tersebut yakni mereka kebanyakan tidak mengetahui bagaimana cara merawat Laptop dan baterai laptop yang baik dan benar agar bisa awet dan tahan lama.
Artikel berikut ini adalah bagaimana cara merawat Laptop dan baterainya agar bisa berumur panjang

Ada beberapa tips untuk merawat laptop anda yakni :

  1. Jika anda baru memiliki laptop dan kegiatan anda berada di luar atau out-door yang memerlukan keberadaan laptop pastikan laptop anda menggunakan skin protector LCD hal ini agar tidak terjadinya sengatan langsung dari sinar matahari yang bisa mengakibatkan buramnya layar LCD laptop anda, dan untuk menjaganya dari debu dan goresan pada LCD laptop anda.
  2. Jangan meletakkan atau meninggalkan laptop pada tempat yang bersuhu panas tinggi seperti di dalam mobil yang sedang di parkir siang hari, hal ini akan menyebabkan suhu laptop menjadi panas
  3. Jangan meletakkan laptop pada tempat yang lembap dan basah, karena laptop bukan barang yang tahan terhadap kelembapan dan air
  4. Ketika menggunakan laptop, jangan gunakan diatas permukaan yang lunak seperti diatas kasur, karpet dan yang sejenisnya karena akan menghambat sirkulasi udara yang dikeluarkan dari laptop anda, kalau bisa gunakan cooler-pad untuk meredam panas yang dihasilkan oleh laptop anda.
  5. Jangan pernah memangku laptop yang sedang anda gunakan karena menghambat sirkulasi udara, disamping itu juga untuk menghindari laptop anda jatuh dari pangkuan anda.
  6. Jangan menaruh benda diatas laptop anda seperti buku, handphone dan yang lainnya karena akan terjadi tekanan dan LCD laptop anda akan berhimpitan dengan keyboard dan akan merusak layar LCD laptop anda.
  7. Jika keyboard anda berwarna putih dan ingin keyboard anda tetap bersih, gunakanlah keyboard protector, tetapi hal ini kebanyakan membuat para pengguna ribet untuk mengetik dokumen, tapi jika anda ingin tetap bersih yah...apa salahnya dicoba..
  8. Jangan menggunakanan laptop dalam keadaan tangan anda basah atau tangan anda berminyak karena di khawatirkan cairan tersebut akan masuk kedalam komponen laptop dan akan terjadi korslet listrik.
  9. Hindarkan laptop dari guncangan atau benturan
  10. Gunakan laptop sewajarnya sebagai barang elektronik
  11. Bersihkan laptop minimal 1 minggu sekali dengan kain halus (untuk LCD) dan kuas lembut (untuk membersihkan debu yang ada pada rongga-rongga tuts keyboard). ingat jangan menggunakan cairan yang mengandung aerosol...!!!


Ada beberapa tips untuk merawat baterai laptop anda agar tetap awet :
  1. Jika anda tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama (1-2 minggu), lepaskan baterai dari laptop anda, mengapa demikian ? hal ini dikarenakan energi yang tersimpan pada baterai akan tersedot oleh hardware
  2. Jangan gunakan charger yang tidak compitable atau yang bukan bawaan dari paket pembelian (lain merek)
  3. Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong 100 %. Carger laptop jika baterai sudah 10 % sebelum habis
  4. Carger baterai sampai penuh dan kemudian lepaskan carger, jangan terus-terusan mencarger baterai jika baterai sudah penuh.
  5. Jika anda ingin menggunakan laptop dalam jangaka waktu lama, dan baterai habis lepaskan baterai dan gunakanlah charger adaptor sebagai sumberdaya listrik, hal ini dilakukan agar menghindari kebocoran baterai. Ingat jika anda telah melepas baterai, simpan baterai di tempat aman jangan sampai terkena air, terinjak atau yang lainnya.

Demikianlah tips-tips yang saya berikan semoga dapat membantu anda untuk merawat laptop adan agar tetap awet dan tahan lama....

1 comments:

Anonim mengatakan...

wah..keren tipsnya...thanks mas...

Posting Komentar